Pengaruh MSG Terhadap Kesuburan Tanaman

Pemakaian MSG terhadap tumbuhan sangat bermanfaat sekali untuk menyuburkan tanaman. Saya sudah mengadakan percobaan, saya memberikan larutan MSG pada tanaman boughenville dan hasilnya tanaman bougenville yang diberi MSG tumbuh lebih subur dari pada yang tidak diberi MSG.


Vetsin / MSG

Vetsin adalah banyak mengandung unsure N (Nitrogen) dan jika takaran untuk diberikan kepada tumbuhan itu sesuai cocok sebagai penyubur tanah.

Vetsin atau penyedap makanan pada umumnya dibuat dari sari tetes tebu yang banyak menagndung mineral yang amat dibutuhkan tanaman. Jadi dengan menyiram tanaman dengan air yang sudah diberi vetsin akan membuatnya tumbuh subur.

Monosodium glutamate adalah garam natrium (sodium) dari asam glutamate (salah satu asam amino non esensial penyusun protein) dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes dari gula bibit atau gula tebu. Senyawa ini terdapat secara alami diproduksi oleh hampir seluruh tubuhan makhuk hidup dan digunakan untuk kepentingan metaholisme dan sebagai sumber energi, karenanya jika digunakan untuk menyiram tanaman, tanaman itu cepat tumbuhn melebatkan daun dan pada beberapa jenis tanaman dapat merangsang keluarnya kuncup bunga.